Sabtu, 02 Oktober 2010

Berbagai inspirasi yang ada di TMII


Kalian smua tau kalo Taman Mini Indonesia Indah itu  tempat wisata yang sangat menarik di Indonesia dan terdapat berbagai ragam kebudayaan dan etnis yang ada di Indonesia. Di samping itu juga terdapat berbagai museum yang tujuannya untuk pelestarian budaya seluruh Indonesia seperti Museum Indonesia, Museum Asmat, Museum Listrik dan Energi, Museum Serangga, Museum Pusaka dsb.
Pada kesempatan ini saya ingin menceritakan sedikit about Museum Pusaka yang saya dapat waktu liburan smp bersama  teman- teman saya. Museum Pusaka ini berada di jalur selatan di antara Museum Keprajuritan Indonesia dan Museum Serangga, berupa bangunan khas karena di atas atapnya terdapat bentuk keris yang menjulang. Museum ini bertujuan melestarikan, merawat, mengumpulkan, serta menginformasikan benda-benda
budaya berupa senjata tradisional kepada generasi penerus agar merasa bangga terhadap bangsanya dan dapat dimanfaatkan bagi yang ingin melakukan studi dan penelitian mengenai senjata.
 Awalnya koleksi museum merupakan koleksi pribadi Mas Agung, kemudian dihibahkan oleh Sri Lestari Mas Agung kepada Ibu Tien Soeharto selaku ketua Yayasan Harapan Kita. Setelah ditambah dengan pembelian, Museum Pusaka memiliki koleksi senjata tradisional paling lengkap, mewakili 26 provinsi di Indonesia.
Dari keterangan di atas tentunya dapat kita ketahui bahwa Museum Pusaka tersebut sangatlah besar manfaatnya
demi pelestarian benda pusaka yang dimiliki oleh pendahlu kita (nenek moyang kita) karena dengan adanya Museum tersebut maka pusaka yang kita miliki akan tetap lestari. 
Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar hendaknya kita dapat melestarikan peninggalan serajah yang kita miliki masing-masing dan di samping kita melestarikan benda bersejarah yang kita miliki kita juga hendaknya dapat/datang berkunjung ke berbagai museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah untuk mengenal lebih dekat berbagai budaya yang ada di seluruh Indonesia.
Jika kita berkunjung ke Tama Mini Indonesia Indah maka kita akan mendapatkan banyak inspirasi yang sangat menarik, baik dari segi budaya, transportasi, fauna, kelistrikan dan sebagainya yang dapat memotifasi kita untuk mengembangkan ide dan gagasan demi kemajuan diri kita dan bangsa indonesia ini pada umumnya.



cintai dan manfaatkan wisata dalam negeri, tmii pesona Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar