Kamis, 09 September 2010






Allahu Akbar,Allahu Akbar,Allahu Akbar.....La ilaha illaLlahu Allahu Akbar,...Allahu Akbar wa liLlahilhamd...

Sambut Idul Fitri
Tinggalkan Ramadhan


       Alhamdulillah, karena hari fitrah akan kembali menyapa. Yap, hari Idul Fitri akan segera tiba. Tapi di balik kegembiraan menyapa hari Idul Fitri ini, ada rasa kesedihan karena akan ditinggalkan oleh 'tamu agung'. Tapi kita berharap, semoga bisa dipertemukan lagi dengan Ramadhan suci. Amin.
      Dengan kehadiran hari Idul Fitri, tentu kita berharap ada berkah. Akan ada sesuatu yang beda, yang bisa kita lakukan sehingga kita bisa benar-benar menikmati Idul Fitri. Karena tentunya jika tidak ada yang beda, yang kita lakukan dengan hari-hari biasa, maka itu dapat dikatakan sesuatu yang merugi. Lalu apa yang bisa kita lakukan?
      Beberapa hal bisa kita lakukan di saat suasana Idul Fitri menyapa. Hal utama yang mestinya kita lakukan adalah mengistiqomahkan ibadah-ibadah kita seperti yang telah kita lakukan di saat Ramadhan. Jangan sampai ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan luntur begitu saja setelah Ramadhan usai. Kita berusaha mempertahankan intensitas ibadah kita di bulan-bulan lain di luar Ramadhan.

      Syawal adalah momen tepat untuk mengawali keistiqomahan kita dalam hal beramal seperti di bulan Ramadhan. Syawal adalah bulan peningkatan diri. Kita bisa mengawali peningkatan diri kita dengan menyempatkan puasa enam hari di bulan syawal.
      Hal lain yang bisa kita lakukan di bulan Syawal adalah bersilaturahmi. Bersilaturahmi kepada tetangga terdekat hingga saudara-saudara jauh. Saling minta maaf dan memberi maaf. Di Indonesia hal ini telah menjadi tradisi halal bi halal.


      Kebiasaan silaturahmi akan mempererat persaudaraan dan melapangkan rezeki. Melalui silaturahmi, hubungan sesama anak bangsa yang sebelumnya renggang karena adanya konflik bisa sedikit merekat. Selain itu silaturahmi juga dapat mengurangi ketegangan hubungan yang terjadi di antara kita umat manusia. Rasulullah SAW bersabda, "Wahai manusia, tebarkanlah kedamaian dan sambunglah persaudaraan." (HR Ahmad dan Tirmidzi)
      
      Harapannya dengan silaturahmi, maka kita semua yang memiliki perbedaan dalam segala hal bisa saling mengasihi. Karena memang fitrahnya, kita diciptakan dalam keadaan yang berbeda agar saling mengenal.
        Satu hal pula yang juga mestinya kita lakukan adalah memperbanyak dzikir kita mengingat kebesaran dan memuji Allah SWT serta memohon ampun padaNya di awal hari yang fitri. Yupz dengan bertakbir mengucapkan, Allohu akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar. Laa ilahaillallohu allohu akbar. Allohu akbar walilla hilhamdu. Tak lupa pula kita mengisi hari pertama Ied Fitri kita dengan menunaikan Sholat Ied.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar